Kandungan Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah kitab suci yang diwahyukan kepada nabi muhammad yang mengandung petunjuk bagi umat manusia yang diturunkan melalui malaikat jibril dalam bahasa arab yang di nukilkan secara mutawatir dan yang membaca merupakan ibadah tertulis dalam mushaf dari surat Al –Fatihah dan ditutup dengan Surat An-Nas

ﺀﻮﺪﺒﻤﻠﺍﻪﺘﻮﻼﺘﺑ ﺩﻴﻌﺘﻤﻠﺍﻑﺤﺎﺼﻤﻠﺎﺑﺐﻮﺘﮑﻣﻠﺍﺮﺘﻮﺘﻠﺎﺑﺎﻨﻳﻠﺍﻞﻮﻘﻧﻤﻠﺍﻰﺑﺮﻌﻟﺍﻆﻔﻠﻠﺍﺎﺑﻢﺺﺪﻣﺣﻣﻰﻠﻋﻝﺯﻨﻤﻟﺍﻰﻟﺎﻌﺗﷲﺍﻢﻼﮐ
ﺲﺎﻨﻠﺍﺓﺭﻮﺴﺒﻢﻮﺘﺤﻤﻟﺍﻭﺔﺤﺘﺎﻔﻠﺎﺒ
Dan “kandungan “dalam kamus besar berarti “barang apa yg terkandung (termuat, tercantum didalamnya)”
Jadi pengertian kandungan Al-Qur’an adalah hal-hal yang tercantum dalam Al-Qur’an
Al-Qur’an di turunkan untuk menjadi pegangan bagi mereka yang ingin mencapai ﺑkebahagiaan dunia akhirat. Tidak diturunkan hanya untuk suatu umat atau suatu abad
ﻦﻴﻤﻟﺎﻌﻠﻠﺔﻤﺣﺭﻻﺍﻚﻨﻠﺴﺮﺃﺎﻣﻭ
“ Dan tidaklah kami mengutusmu melainkan untukmenjadi rahmad bagi semesta alam”.2

PEMBAHASAN

Banyak sekali penafsiran dalam membahas kandungan Al-Quran, Para ahli tafsir maupn cendekiawan muslim dai sudut pandang yang berbeda. Pendapat tentang Al-Qur’an
I. Dalam mushaful imam hal yang termuat dalam Al-qur’an terbagi dua yaitu: a. Secara khusus
– Rukun iman dengan landasan Al-Baqoroh ayat 177
– Munakahat, muamalat, jinayat, aqdiyah, khalafah, ath’imah, jihat.
b. Secara umum yaitu : ibadah dan muamalah.3

II. Dalam surat Al-Baqoroh ayat 2- 4 ditegaskan
Oﻥﻮﻘﻔﻨﻳﻢﻬﻧﻗﺯﺮﺎﻤﻤﻮﺓﻼﺼﻟﺍﻥﻮﻤﻴﻘﻴﻮﺐﻴﻐﻟﺎﺑﻥﻮﻨﻣﺆﻳﻦﻴﺪﻠﺍ Oﻦﻴﻘﺘﻤﻠﻠﺪﻫﻪﻴﻓﺐﻴﺮﻻﺏﺎﺘﮑﻟﺍﻚﻠﺬ
ﻥﻮﻧﻗﻮﻴﻡﻬﺮﺧﻷﺎﺑﻭﻚﻠﺒﻗﻦﻣﻞﺰﻨﺃﺎﻤﻭﻙﻴﻟﺇﻝﺯﻨﺃﺎﻤﺑﻥﻮﻧﻤﺆﻴﻦﻴﺪﻠﺍﻭ
“ Di dalamnya tidak ada keraguan padanya. Petunjuk bagi mereka yang bertaqwa yaitu mereka yang beriman kepada yang ghoib, yang mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rizqi yang kami anugrahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada Al-qur’an yang telah diturunkan kedamu dan yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adnya kehidupan akhirat”
Ayat-Ayat tersebut menjelaskan hal-hal yang termuat dalam Al-Qur’an diantaranya :
a. Percaya kepada yang ghoib Seperti dalam firman Allah : ﻩﺮﻴﻏﻪﻴﻟﺇﻦﻤﻢﮐﻟﺎﻤﷲﺍﻮﺩﺑﻋﺍ “ Sembahlah Allah, sekali-sekali tak ada tuhan bagimu selain dia”4 Dan ﻥﻭﻟﻌﻔﺗﺎﻣﻥﻮﻣﻠﻌﻴ O ﻦﻴﺒﺘﮐﺎﻣﺍﺮﮐ O ﻦﻴﻈﻔﺤﻟﻢﮐﻴﻠﻋﻥﺇﻮ “ Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi(pekerjaanmu). Yang mulia (disisi Allah ) dan yang mencatat (pekerjaan-pekerjaan itu) . mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan”5
b. Percaya kepada wahyu Allah Dengan landasan firman Allah : ﺮﻳﺬﻧﺎﻬﻴﻔﻼﺧﻻﺍﺔﻤﺃﻥﺇﻮ “ …. Dan tidak ada suatu umatpun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan “6 dan ٤٨…………..ﻪﻴﻟﻋﺎﻨﻤﻴﻬﻣﻭﺏﺎﺘﮐﻠﺍﻦﻣﻪﻴﺪﻴﻦﻴﺑﺎﻤﻠﺎﻗﺪﺼﻤﻖﺤﻟﺎﺒﺏﺎﺘﮐﻟﺍﻙﻴﻟﺇﺎﻨﻟﺯﻧﺃﻭ “ Dan kamu telah turunkan kepadamu Al-qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu “6
c. Percaya adanya akhirat Dalam surat Al-Isro’ 72 yaitu : ﻼﻴﺒﺴﻞﻀﺃﻮﻰﻤﻋﺃﺓﺭﺧﻷﺍﻰﻔﻮﻬﻓﻰﻤﻋﺃﻩﺬﻫﻰﻔﻥﺎﻜﻦﻣﻮ “Dan barangsiapa buta (didunia )ini akan buta pula di akhirat dan lebihtersesat dari jalan yang benar.”
a. Mengerjakan sholat Dengan landasan firman tuhan : ﺮﺒﮐﺍﷲﺍﺮﮐﺬﻟﻮﺮﮑﻨﻤﻟﺍﻭﺎﺸﺨﻔﻠﺍﻥﻋﻰﻬﻨﺗﺓﻼﺼﻟﺍﻥﺍ .ﺓﻼﺼﻟﺍﻢﻗﺍﻮﺏﺎﺘﮑﻟﺍﻦﻣﻚﻴﻟﺇﻰﺤﻮﺃﺎﻣﻞﺘﺃ (٤٥:ﺖﻮﺒﮑﻧﻌﻠﺍ)ﻦﻮﻌﻧﺼﺘﺎﻤﻢﻟﻌﻳﷲﺍﻮ“ “ Bacakanlah apa yang telah diwahyukan kepdamu dari Al-Kitab dan dirikanlah sholat sesungguhnya sholat itu mencegah manusia dari perbuatan yang keji dan munkar dan sungguh ingat kepada Allah lebih besar manfaatnya dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”
d. Menafkahkan sebagian dari rizqi yang dianugrahkan Allah kepadamu.
III. Menurut Khudhori beyk :
Al-Qur’an itu memuat hal-hal yang dibebankan kepada malaikat ada dua : berdasarkan hukum
1. Pergaulan antara Allah dan hamba yaitu ibadah yang tidak sah kecuali dengan niat. Sebagaimana ibadah semata yaitu sholat dan puasa, sebagaimana ibadah harta dan sosial yaitu zakat dan sebagainya dan sebagaimana ibadah badan dan sosial yaitu haji, empat ibadah ini sesudah iman dianggap sebagai suatu asas (dasar) agama islam.
2. Pergaulan antara sesama manusia dan hal itu adalah beberapa bagian harta :
a. Pekerjaan untuk mengamankan dakwah yaitu jihad.
b. Pekerjaan untuk membina rumah tangga yaitu sesuatu yang berhubungan dengan perjodohan, perceraian, keturunan dan warisan.
c. Pekerjaan untuk pergaulan antara manusia atau biasa disebut jual beli
d. Pekerjaan untuk menerangkan siksaan dan tindak pidana.
4. Menurut pandangan imam ahmad ibnu hambal
Al-Qur’an mengandung hukum-hukum global dan penjelasan mengenai akidah yang benar disamping sebagai hujjah untuk tetap berdirinya agama islam.
5. Menurut Dr.M.Quraish Shihab
Al-Qur’an memuat hal-hal yang menjadi tujuan pokok kehidupan
1. Petunjuk akidah dan kepercayaan yang harus dianut oleh manusia yang tersimpul dalam keimanan dan keesaan Tuhan dan kepercayaan akan kepastian adanya hari pembalasan.
2. Petunjuk mengeanai akhlaq yang murni dengan jalan menerangkan norma-norma kegamaan dan susila yang harus diikuti oleh manusia dalam kehidupannya secara individual dan kolektif.
3. Petunjuk mengenal syariat dan hukum dengan jalan menerangkan dasar-dasar hukum yang harus diikuti oleh manusia dalam hubunganya dengan Tuhan dan sesamanya.
6. Dr.H. Moh Rifa’I
1. Taufiq, kepercayaan terhadap Allah, malaikat yang termaktub dalam rukun iman
2. Tuntunan ibadat sebagai perbuatan yangmenghidupkan jiwa
3. Janji dan ancaman-ancaman
4. Hukum sosial untuk kebahagiaan dunia dan akhirat
5. Sejarah orang – orang yangtunduk dan mengingkari agama Allah dan hukum-hukum Allah.

PENUTUP

Analisis Masalah

Dari beberapa pendapat diatas pamakalah lebih menfokuskan kepada Dr.M.Quraish Shihab, yang menyatakan bahwa hal-hal yang termuat dalam al-qur’an itu diantaranya :
1. Petunjuk Aqidah
2. Petunjuk mengenai akhlaq
3. Petunjuk mengenai syariat
Dengan beberapa faktor, petama ditinjau dari segi penempatan format. petunjuk akidah ditempatkan pada urutan pertama dengan maksud pengenalan pertama terhadap keeasaan tuhan/ kekuasaan tuhan dan akhlaq dijadikan pondasi atau arah menuju –Nya dan ketiga mengenai syariat dan hokum yang berkaitan dengan praktek,

kedua dari segi pemaparan/penjelasan dengan banyak referensi. Petunjuk Aqidah disini bukanlah yang dibawa rasul SAW saja tapi sejak mulai rasul pertama atau adam As. Karena itu dalam al-qur’an disebutkan diantaranya.
“ Sembahlah Allah dan kamu jangan menyekutukan dia dengan sesuatu apapun” (QS An-Nisa’ : 36) dan beberapa surat lain8
Persoalan akidah itu terkadang bergandengan hokum dan kritik sejarah umat-umat yang lalu di satukan dengan nasehat atau tanda-tanda kebesaran Allah yang ada dialam semesta.
Disamping itu secara silih berganti terdapat ijma; ayat yang menerangkan akhlaq yang harus diikuti oleh setiap muslim dalam kehidipannya sehari-hari seperti : “ Wahai orang-orang yang beriman janganlah kamu memasuki satu rumah selain rumahmu kecuali setelah memita ijin dan mengucapkan salam kepada penghuninya. Demikian ini lebih baik bagimu. Semoga kamu sekalian mendapat peringatan.(Qs 24:27)
Petunjuk mengenai syariat dengan huku tidak dipaparkan begitu saja tetapi sesuai dengan situasi dan kondisi sekitar. Ada salah satu dalil terkuat yang menjadi salah satu argumentasi Al-Qur’an dari perbuatan zina. Dan ini dijelaskan dengan bahasa yang sarat makna dan sesuai dengan keadaan lingkungan pada waktu itu.

Kesimpulan
Dari analisa kandungan Al-Quran sangat jelas sekali bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk bagi seluruh manusia kejalan yang harus ditempuh demi kebahagiaan hidup didunia dan akhirat.
DAFTAR PUSTAKA

1. Terjemahan Al-Qur’an, hadiah dari khodim
2. Tarikh El-Tasri’, Al Islami Pres Darul Ihya’, juli 1980
3. Syafeei, Racmad, Dr. H, Ilmu Ushul Fiqhi, Pen Pustaka Setia, Agustus 1999
4. Karim A. Syafeei, , Dr. H, Fiqhi Ushul Fiqhi, Pen Pustaka Setia, 8 Mei 1997
5. Rifai , Moch. Drs, H, Ushul Fiqhi, pen Wisafana, 11 jan 1980
6. Shihab Qurish, Membumikan Al-Qur’an pen Mizan 1998
7. Masyhur Kahar, Drs . H. Pokok- Pokok Ulumul Quran pen Rineka Cipta, 1992.

2 Balasan ke Kandungan Al-Qur’an

  1. Mr WordPress mengatakan:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. adikke3ku mengatakan:

    salah bro seharusnya make’ ain. maaf jg ya bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: